Tentang Kami
Kami adalah perusahaan lifescience kelas dunia yang berdaya saing global yang memiliki peran untuk menyediakan serta mengembangkan Produk Lifesience berstandar Internasional untuk Meningkatkan Kualitas Hidup.
Siapa Kami
Didukung kompetensi, pengalaman dan proses pembelajaran selama lebih dari 130 tahun, Bio Farma hadir sebagai bagian dari perjuangan dalam menyelamatkan dan meningkatkan kualitas hidup manusia. Mengingat pentingnya peran dalam membangun kesehatan bangsa, maka keberadaan Bio Farma dipertahankan dari masa ke masa.
Bio Farma merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sahamnya 100% dimiliki oleh Negara Republik Indonesia. Hal ini tercantum di Annual Report (Laporan Tahunan) Bio Farma (https://www.biofarma.co.id/id/annual-report).
Dengan Modal Dasar Rp6.000.000.000.000.00 terdiri dari 61.000.000 lembar saham dengan nilai nominal sebesar Rp1000.000.00 per lembar saham.
Bio Farma Timeline
Perjalanan panjang Bio Farma hingga kini telah bertransformasi menjadi produsen vaksin dan antisera kelas dunia. Bermula ketika pemerintah kolonial Hindia Belanda mendirikan “Parc-vaccinogène” (Lembaga Pengembangan Vaksin Negara) pada tanggal 6 Agustus 1890.
Mengabdi untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.
Menjadi Perusahaan Life Science Kelas Dunia yang berdaya saing Global.
Menyediakan & mengembangkan produk life science berstandar internasional untuk meningkatkan kualitas hidup.
Budaya Perusahaan
Melalui spirit BUMN untuk Indonesia yang terimplementasikan pada core value BUMN AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) Bio Farma memiliki peran penting dalam pencegahan penyebaran penyakit menular ditingkat nasional maupun global.
Amanah
Memegang teguh kepercayaanyang diberikan.
Kompeten
Terus belajar danmengembangkan kapabilitas
Harmonis
Saling peduli dan menghargai perbedaan.
Loyal
Berdedikasi danmengutamakan kepentinganBangsa dan Negara.
Adaptif
Terus berinovasi dan antusiasdalam menggerakkan ataupunmenghadapi perubahan
Kolaboratif
Membangun kerjasamayang sinergis.
Filosofi Logo
Bio Farma adalah sebuah perusahaan yang adaptif dalam mengantisipasi tren bisnis dan teknologi di bidang vaksin dan antisera. Salah satu bentuk antisipasinya adalah dengan memiliki logo yang merupakan identitas Perusahaan.
2008 - Sekarang
Tahun 2008, perubahan logo Bio Farma yang mencerminkan semangat dan optimisme untuk menuju industri vaksin kelas dunia.
Filosofi Logo Bio Farma
2008-Sekarang
-
Logo tersebut merupakan adaptasi bentuk pencitraan dari Crystal Protein dan Glico protein Hal tersebut merefleksikan bahwa Bio Farma adalah sebuah perusahaan di bidang vaksin dan serum.
-
Mencitrakan ilusi pendar bintang (sparkling). Dalam hal ini pendar bintang yang dimaknai sebagai semangat dan dinamika Bio Farma yang memiliki masa depan yang cemerlang.
-
Warna dominan hijau. Secara psikologis menyiratkan suatu nilai higienitas dan kesehatan.
-
Warna jingga dan kuning secara terpadu menyiratkan semangat progresif dan keberanian untuk berinovasi agar selalu menjadi yang terdepan.
Identitas Perusahaan
Batik ciri khas Bio Farma yang didisain khusus oleh rumah Batik Komar, Menggambarkan mahluk hidup yang terdiri dari satu atau beberapa kumpulan sel sebagai bahan baku dalam pembuatan vaksin atau anti sera. Disain batik berupa virus, bakteri, amuba, mengkomunikasikan pesan tentang aspek keragaman hayati (Biodiversity) sekaligus merangkum nilai profesionalisme dari sebuah perusahaan bioteknologi dan lifescience. Setiap ikon batik memiliki nilai filosofis perusahaan “Dedicated to Improving Quality of Life”
Kebijakan Sistem Manajemen
- Produk Bermutu Tinggi
- Produk Ramah Lingkungan
- Berdaya Saing Global
- Kepuasan Pelanggan
- Perbaikan Berkesinambungan
- Perlindungan Lingkungan
- Pencegahan Kecelakaan dan Penyakit Akibat Kerja
- Penghematan Energi dan Sumber Daya Alam
- Melakukan Kegiatan Bisnis Perusahaan sesuai dengan Prinsip-Prinsip tata Kelola Perusahaan yang Baik
- Patuh Peraturan Perundangan dan Persyaratan Lainnya